06 December 2016

Tips Memilih Minyak Goreng yang Sehat dan Berkualitas

Tips Memilih Minyak Goreng yang Sehat dan Berkualitas


Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak tentu tidak bagus untuk kesehatan. Namun, tanpa minyak goreng kita akan kesulitan untuk mengolah masakan. Lalu, haruskah kita meninggalkan penggunaan minyak goreng?

Sudah menjadi rahasia umum jika minyak goreng adalah bahan masakan yang hampir pasti ada disetiap dapur. Minyak goreng juga digunakan dalam berbagai masakan. Rasanya tidak mungkin kita meninggalkan minyak goreng. Oleh sebab itu, kita seharusnya lebih pandai memilih minyak goreng yang sehat dan berkualitas.

Sayangnya, banyak ibu yang belum tahu tentang jenis minyak goreng dan bahan yang terkandung di dalamnya. Ada beragam jenis minyak goreng yang beredar di pasaran. Beberapa di antaranya adalah minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak zaitun, minyak jagung, minyak wijen dan lain-lain.

Minyak goreng yang sehat dan berkualitas sudah seharusnya menjadi pilihan yang bijak karena ini berkaitan dengan kesehatan keluarga. Jangan pernah tergiur dengan iming-iming harga murah. Kualitas harus jadi prioritas.

Nah, agar tidak salah pilih minyak goreng, Ada baiknya Anda menyimak tips memilih minyak goreng yang sehat dan berkualitas berikut ini.

Pilihlah Minyak yang Jernih, Tidak Kental dan Tidak Mudah Beku


Pastikan Anda memilih minyak yang jernih dan tidak terlihat keruh. Perhatikan juga tingkat kekentalan minyak. Minyak yang terlalu kental dan tidak mudah beku biasanya sangat berisiko pada kesehatan tubuh dan dapat meningkatkan risiko kanker.

Perhatikan Komposisi Minyak Goreng


Pastikan Anda membaca daftar komposisi minyak goreng pada kemasan sebelum membelinya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan warna dan aroma minyak tersebut.

Pilihlah Minyak Goreng yang rendah Lemak


Memilih minyak goreng yang rendah lemak berarti Anda mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh kolesterol. Lain halnya jika Anda memilih minyak yang tinggi kandungan lemak. Ini justru akan mengakibatkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh meningkat sehingga bisa membahayakan jantung.

Pilihlah Minyak yang Mengandung Omega 3


Pilihlah minyak yang memiliki kandungan Omega 3 yang tingi. Omega 3 dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Cermati Penggunaan Minyak Goreng


Seringkali ibu mengabaikan berapa kali minyak goreng sudah digunakan. Kebiasaan ini justru sangat berbahaya bagi kesehatan. Sebaiknya segera ganti minyak goreng jika sudah berubah warna. Selain itu, jangan gunakan suhu yang terlalu panas saat memasak. Hal ini dapat merusak kandungan vitamin dalam minyak goreng dan bahan makanan serta dapat membentuk senyawa radikal bebas yang merugikan kesehatan Anda dan keluarga.

Ada banyak jenis dan merk minyak goreng yang beredar di pasaran saat ini. Namun jangan pernah kompromikan kesehatan Anda dan keluarga dengan harga murah. Pilihlah minyak goreng yang sehat dan berkualitas. Berbagai merk minyak goreng yang sehat dan berkualitas tersedia di Swalayan Kopenda. Silahkan sebarkan informasi ini jika Anda rasa bermanfaat.


EmoticonEmoticon